Sunday, April 4, 2010

Sekolah kedinasan (APP) Akademi Pimpinan Perusahaan

Beasiswa bagi lulusan SMU/MA/SMK
Departemen Perindustrian
Pembangunan Nasional bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan nasional Departemen Perindustrian telah memiliki Unit Pendidikan yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan dalam rangka menyiapkan tenaga professional untuk memenuhi kebutuhan sektor industri.

Departemen Perindustrian mempunyai beberapa Unit Pendidikan khususnya Perguruan Tinggi setara Program D-III/IV antara lain :

1. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) di Bandung

STTT Bandung adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi tekstil yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

STTT Bandung menyelenggarakan Program Diploma IV dalam bidang teknologi tekstil dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknik Tekstil
b. Kimia Tekstil
c. Barang Jadi Tekstil


2. Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) di Jakarta

STMI Jakarta adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi industri yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

STMI Jakarta menyelenggarakan Program Diploma IV dalam bidang teknologi industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknik dan Manajemen Industri
b. Teknik dan Manajemen Informatika
c. Teknik Kimia Industri


3. Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI) di Medan

PTKI Medan adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi kimia industri yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

PTKI Medan menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi kimia industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknologi Kimia Industri
b. Teknologi Mekanik Industri


4. Akademi Teknologi Industri (ATI) di Padang

ATI Padang adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi industri yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

ATI Padang menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknologi Kimia
b. Sistem Produksi Industri
c. Kimia Analisis
d. Lingkungan Industri
e. Manajemen Industri


5.Akademi Teknik Industri (ATI) di Makassar

ATI Makassar adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi industri yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

ATI Makassar menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Manajemen Teknik Industri
b. Teknik Mekanik Industri
c. Teknik Elektro Industri
d. Teknik Pengendalian Mutu dan Lingkungan Industri


6. Akademi Teknologi Kulit (ATK) di Yogyakarta
ATK Yogyakarta adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi kulit yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

ATK Yogyakarta menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi kulit dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknologi Bahan Kulit, Karet dan Plastik
b. Teknologi Pengolahan Kulit
c. Desain dan Teknologi Sepatu
d. Desain dan Teknologi Produk Kulit

7. Akademi Kimia Analisis (AKA) di Bogor

AKA Bogor adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang kimia analisis yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

AKA Bogor menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang kimia analisis dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Kimia Analisis

8. Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) di Jakarta

APP Jakarta adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang ilmu manajemen industri dan perdagangan yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

APP Jakarta menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang manajemen industri dan perdagangan dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Manajemen SDM
b. Manajemen Produksi
c. Manajemen Pemasaran
d. Manajemen Keuangan
e. Perdagangan Internasional

B. PROGRAM BEASISWA CALON TPL

Unit-unit Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian dapat dipersiapkan untuk menciptakan tenaga professional dalam mengembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui penyiapan Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang professional yang dapat ditempatkan di seluruh Kabupaten/Kota dimana yang bersangkutan berasal sebagai calon Pembina Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Wirausahawan IKM.

Dalam usaha mendukung kebijakan pembangunan industri yaitu pengembangan Usaha Kecil dan Menengah agar menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi nasional,Departemen Perindustrian merupakan salah satu instansi yang berkompeten dan berperan aktif mempersiapkan tenaga-tenaga profesional khususnya Tenaga Penyuluh Lapangan, sebagai salah satu ujung tombak untuk memicu pertumbuhan perekonomian melalui Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Untuk itu Departemen Perindustrian berusaha dan berupaya dengan merekrut Siswa-Siswa berprestasi dilingkungan Sekolah Menengah Tingkat Atas dengan memberikan Beasiswa untuk disekolahkan pada Unit Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian.

Dalam rangka penyelenggaraan Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) tadi semua Unit Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian diharapkan dapat menciptakan Tenaga Profesional Penyuluh Lapangan yang berkemampuan setara Program D-3 sesuai dengan berbagai Jurusan disesuaikan dengan Potensi Daerah masing-masing. Program D-3 untuk Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) dapat ditempuh selama 3 (tiga) tahun (6 semester) sebanyak 110 - 120 sks.

Untuk download Formulir / Pendaftaran Online dapat mengkases ke www.depperin.go.id/tpl
APP (Akademi Pimpinan Perusahaan)
Pada tahun 1957 atas prakarsa dari beberapa tokoh/pejabat (antara lain dari lingkungan Departemen Perindustrian) dibuka suatu Pendidikan Pimpinan Perusahaan berupa kursus untuk menghasilkan tenaga pembina usaha industri.
Pendiri Pendidikan Pimpinan Perusahaan
1. Bapak Ir. Anondo
2. Bapak Ir. Adnan Kusuma (alm)
3. Bapak Prof. DR. Prayudi Atmosudirjo
4. Bapak Suryo Sudiono, SE
5. Bapak Ir. K. DL Thung (alm)
6. Bapak Ir. K. Hadinoto
7. Bapak Ir. Safioen (alm)
8. Bapak Amir Husein Siregar (alm)
9. Bapak Bodin Atmodiromo (alm)
Pada tahun 1959 Pendidikan Pimpinan Perusahaan ditingkatkan menjadi Akademi Pimpinan Perusahaan (disingkat APP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian No. 488/TU tanggal 15 Januari 1959. Kuliah pertama dimulai tanggal 22 September 1959 yang selanjutnya dianggap sebagai hari jadi APP. Pada mulanya jurusan yang diselenggarakan adalah Mekanik dan Kimia, untuk menyiapkan tenaga pimpinan perusahaan tingkat menengah yang sangat dirasakan kebutuhannya pada kondisi ketika itu.
Sesuai dengan perkembangan kebutuhan pengelola usaha industri maka tahun 1973 jurusan yang telah ada diubah menjadi 4 pendalaman bidang keahlian fungsional yaitu: Manajemen Personalia, Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Pembelanjaan.
Sejak didirikan sampai penerimaan mahasiswa tahun 1986 program yang dilaksanakan adalah program Sarjana Muda, yang pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan seluruhnya sebanyak 5.143 Sarjana Muda. Sedangkan sejak tahun 1987 sampai dengan sekarang program tersebut berubah menjadi Program Diploma III dengan sebutan Ahli Madya dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 9577. Secara keseluruhan lulusan APP sampai dengan saat ini adalah sebanyak 14.720 orang.
Tahun 1983 merupakan tonggak sejarah baru bagi Akademi Pimpinan Perusahaan karena mulai tahun ini Akademi Pimpinan Perusahaan berjalan atas dasar Juridis Surat Keputusan Bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Perindustrian
No. 279/M/SK/VI/1981 tanggal 6 Juni 1981.
0181/0/1981
Sistem pendidikan diatur dengan Satuan Kredit Semester (SKS) dengan program studi yang diselenggarakan adalah :
• Program Studi Manajemen Personalia
• Program Studi Manajemen Produksi
• Program Studi Manajemen Pemasaran
• Program Studi Manajemen Pembelanjaan/Keuangan
Dalam rangka menghadapi era globalisasi dimana perdagangan semakin liberal maka pada tahu akademik 1997/1998 Akademi Pimpinan Perusahaan membuka Permintaan Perdagangan Internasional. Pada tahun 2000 permintaan tersebut telah diselaraskan menjadi Program Studi Perdagangan Internasional.
Mulai tahun akademik 2001/2002, penamaan program studi yang ada mengalami perubahan menjadi :
• Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia
• Program Studi Manajemen Produksi
• Program Studi Manajemen Pemasaran
• Program Studi Manajemen Keuangan
• Program Studi Perdagangan Internasional
Kelima program studi tersebut telah mendapatkan akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional dengan dikeluarkannya Akreditasi BAN-PT No. 002/BAN-PT/Ak-VI-Dpl-III/IV/2006.
Dalam perkembangan selanjutnya untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri serta untuk melahirkan dan mengembangkan entrepreneur muda dan tangguh, Akademi Pimpinan Perusahaan mulai Tahun Akademik 2007/2008 sebagai pilot membuka program studi baru yaitu:
• Program Studi Kewirausahaan
• Program Studi Manajemen Pemasaran dengan konsentrasi bidang studi Tenaga Penyukuh Lapangan
Bentuk&Status
Akademi Pimpinan Perusahaan adalah salah satu perguruan tinggi berbentuk ‘akademi’ yang berstatus ‘negeri’, berada di bawah Departemen Perindustrian (Depperin). Akademi Pimpinan Perusahaan Depperin untuk selanjutnya disebut APP, semula berlokasi di Jl. Karang Anyar No. 55 Jakarta Pusat, dan sejak tahun 1985 menempati kampus seluas +1,86 ha di Jl. Timbul No. 34 Cipedak Jagakarsa, Jakarta Selatan 12074.
Akademi Pimpinan Perusahaan berdiri sejak tanggal 22 September 1957, yang pada awalnya hanya bersifat kursus Manajemen Industri dengan nama Pendidikan Pemimpin Perusahaan. APP dari tahun 1958 hingga tahun 1989, menyelenggarakan pendidikan tingkat Sarjana Muda bergelar Bachelor of Science (BSc.). Sesuai peraturan yang berlaku dan tuntutan masyarakat, APP mulai tahun akademik 1984/1985 melaksanakan pendidikan Program D-III dengan sebutan bagi lulusannya sebagai Ahli Madya Manajemen Industri dan Perdagangan (AMd.MI)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment